Ayo Daftar Kursus Gratis Jurnalisme Damai

Posted 8:34 PM by Ahmad Yulianto in Labels: , , , , ,
Ini peluang bagus buat jurnalis suratkabar, majalah, media televisi, radio, maupun media online. Ada dua lembaga dari Jerman, Internationale Weiterbildung und Entwicklung (InWEnt) dan Peace and Conflict Journalism Network (Pecojon) yang bakal memberikan kursus gratis soal jurnalisme damai.

Mereka menyebutnya jurnalisme peka konflik. Kursus ini akan dimulai tanggal 30 April sampai 4 Mei 2009 di Hotel Poeri Devata, Prambanan, Jogjakarta. Selain mendapatkan materi bermutu dari jurnalis berpengalaman, peserta yang dibatasi hanya 20 jurnalis, juga akan ditanggung untuk urusan akomodasi, transportasi dan konsumsi.

“Tapi ongkos taksi dari rumah ke bandara atau terminal bus tidak akan diganti dan akan dibebankan kepada peserta, demikian pula biaya konsumsi selama perjalanan. Biaya taksi dari bandara/terminal bus ke lokasi kursus akan diganti jika tidak ada penjemputan,” kata Ikram Putra, panitia penyelenggara kursus ini, lewat e-mailnya kepada BlitarKita.Com.

Menurut Ikram, kursus ini dilatari pertimbangan bahwa media memainkan peran penting dalam arena konflik dewasa ini. Suara para jurnalis menentukan pihak mana dalam sebuah konflik yang akan dianggap sebagai korban yang menderita, serta pihak mana yang dianggap pelaku kejahatan. Media secara terus-menerus mempengaruhi perkembangan suatu peristiwa dengan “sekadar melaporkan fakta”.

“Melalui analisis panjang terhadap liputan perang dan konflik selama 20 tahun terakhir, muncul sebuah kesadaran baru akan peran jurnalis dalam konflik, yang menuntut pendefinisian ulang terhadap tanggungjawab semua pelaku media,” ujar Ikram. Ia menambahkan, kesadaran baru ini juga menuntut para reporter, editor, dan manajemen untuk memahami konflik lebih jauh dan membangun strategi baru dalam melaporkan konflik tanpa memperkeruh suasana.

Ikram menerangkan, sejak tahun 2004, Pecojon telah memberikan pelatihan Jurnalisme Peka Konflik kepada para pelaku media, dengan tujuan memadukan teknik-teknik peliputan peka konflik ke dalam praktek dan pendidikan jurnalisme yang populer.

Kursus ini meliputi tiga jenis,

a. Jurnalisme Damai dan Konflik 1 (PJ1) Kursus ini membahas konsep-konsep konflik, kekerasan, dan perdamaian. Dalam kursus ini peserta juga mempelajari metode analisis konflik dan perkembangan konflik, serta diperkenalkan kepada prinsip dan strategi Jurnalisme Peka Konflik.

b. Jurnalisme Damai dan Konflik 2 (PJ2) Kursus lanjutan ini bertujuan memperdalam pemahaman peserta tentang konsep Jurnalisme Peka Konflik dan memberikan contoh praktek. Kursus ini juga membahas topik terkait konflik seperti propaganda, koordinasi militer-sipil, trauma, serta topik penting lainnya berdasarkan komposisi para peserta dan isu yang sedang hangat berkembang.

c. Kursus bagi Pelatih Jurnalisme Damai dan Konflik (PJ3) Pada kursus ketiga ini peserta mengkaji lebih mendalam prinsip dan perkembangan terakhir Jurnalisme Peka Konflik. Peserta juga akan dibekali metode pengajaran dan pelatihan dengan pendekatan partisipatif, serta modul penilaian kebutuhan pelatihan, desain pelatihan, dan logistik. Kursus ini sekaligus menjadi seleksi bagi mereka yang hendak mengikuti Program Pengembangan Pelatih (TDP). Lulusan TDP akan menerima sertifikat dan menjadi bagian dari Kelompok Pelatih Pecojon.

“Kami sangat menganjurkan jurnalis yang meliput konflik, krisis dan perang untuk mendaftar,” ujar Ikram. Disebutkan pula, para peminat dipersilakan mengirim email bersubjek [Pendaftaran PJ1 2009] kepada ikramputra@gmail.com dengan tembusan ke lrmanriquez@gmail.com. Peminat juga diwajibkan melampirkan curriculum vitae (CV). Pendaftaran diterima paling lambat tanggal 10 April 2009. Ayo, siapa mau mendaftar? sumber: bk.com



0 comment(s) to... “Ayo Daftar Kursus Gratis Jurnalisme Damai”

0 comments:

Post a Comment