Belajar Gitar

Posted 8:47 PM by Ahmad Yulianto in Labels:
PELAJARAN PERTAMA
Bagian A: Pendahuluan

Internet merupakan sumber yang sangat lengkap untuk belajar bermain gitar. Kamu bisa belajar bagaimana memainkan lagu, memperbaiki gitar yang rusak, memainkan not musik yang indah, dan masih banyak lagi. Masalahnya, tak ada materi pelajaran gitar yang bagus untuk mulai belajar gitar. Pelajaran di website ini ditujukan untuk kamu yang memiliki (atau meminjam) gitar, tapi belum tahu bagaimana cara memainkannya.

Apa yang perlu kamu siapkan sebelum mulai belajar?

*

Sebuah gitar dengan enam senar. Apapun jenis gitarnya, akustik maupun elektrik, bukan masalah.
*

Jenis pick guitar yang medium sangat disarankan untuk belajar. Tapi bilamana tidak ada yang medium, jenis pick apapun tak juga bermasalah.
*

Kursi tanpa lengan.
*

Kesabaran dan ketekunan.

Apa yang akan kamu pelajari di sini?
Sampai dengan akhir pelajaran pertama ini, kamu akan belajar: bagian-bagian gitar, nama tiap senar pada gitar, cara tuning (stem) gitar, cara memegang dan menggunakan pick gitar, cara memainkan chromatic scale, dan memainkan lagu sederhana dengan menggunakan kord Gmajor, Cmajor dan Dmajor.

Bagian-Bagian Gitar

Meski ada berbagai jenis gitar, akustik maupun elektrik, namun semua gitar memiliki kesamaan. Gambar berikut ini menunjukkan bagian-bagian dari gitar. Bagian paling atas pada gitar, sesuai pada gambar di bawah, disebut headstock. Di headstock ada tuner yang berjumlah 6 untuk menstem (tuning).

Bagian berikutnya adalah neck atau gagang gitar. Antara headstock dan neck ada bagian yang disebut sebagai nut yang berbentuk potongan bahan kecil terbuat dari plastik atau tulang atau yang lain.

Dalam bermain gitar nantinya konsentrasi kamu lebih banyak di neck di mana kamu menaruh jari-jarimu untuk memainkan kord atau not musik.

Neck gitar terhubung langsung dengan body atau tubuh gitar. Bentuk body pada gitar beraneka-ragam. Kebanyakan gitar akustis memiliki body yang bagian dalamnya berongga yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Berbeda halnya dengan gitar listrik yang memiliki body solid, tanpa rongga. Suara dentingan senar pada gitar listrik dihasilkan oleh apa yang disebut sebagai pick-ups yang berfungsi semacam mikrofon untuk dialirkan ke amplifier.

Senar gitar terpasang dari tuner, melewati nut, sejajar dengan neck, terus sampai pada apa yang disebut sebagai bridge yang terletak di tubuh gitar.

Gagang Gitar (Neck)

Ketika memperhatikan gagang gitar, kamu akan melihat garis-garis metal di seluruh permukaannya Potongan-potongan metal bergaris-garis ini disebut fret. Ada 2 pengertian tentang fret dalam dunia gitar, yaitu:

1. Potongan metal bergaris-garis pada gagang gitar, atau
2. Jarak antara potongan metal itu sendiri satu sama lain.

Selanjutnya, daerah antara nut dan potongan metal pertama disebut fret pertama; antara potongan metal pertama dengan kedua disebut fret kedua; dan seterusnya.



0 comment(s) to... “Belajar Gitar”

0 comments:

Post a Comment